Castrol Matic United Yogyakarta


Yogyakarta, 6 Juli 2008, Menyusul kesuksesan peluncuran Castrol Power 1 Scooter, pelumas khusus untuk kendaraan scooter-matik, pada 7 September 2007 lalu, kegiatan Matic United Castrol Power 1 Scooter kembali digelar PT Castrol Indonesia pada paruh kedua tahun ini di empat kota besar Indonesia yakni Yogyakarta (6/7), Bandung (12/7), Malang (26/7), dan Denpasar (4/8).

“Seperti yang telah kita ketahui bersama, populasi kendaraan roda dua di Indonesia sudah mencapai angka 30an juta lebih. Perkembangan scooter matic sendiri sangat pesat setiap tahunnya. Kegiatan Matic United Power 1 Scooter diadakan khusus untuk mewadahi minat masyarakat pengguna scooter-matic khususnya terhadap kegiatan fun-rally. Kegiatan yang telah kami mulai sejak tahun 2007 ini mendapatkan respon positif dari masyarakat, sehingga membuat Castrol tidak memiliki pilihan lain kecuali untuk menghadirkan kegiatan ini kembali kepada masyarakat,” Diatri Soemardjo, Consumer Marketing Manager PT Castrol Indonesia.

PT Castrol Indonesia menyikapi tingginya minat masyarakat terhadap jenis kendaraan scooter matic dengan meluncurkan Castrol Power 1 Scooter, pelumas dengan formulasi khusus ‘Scootek Technology,’ untuk mesin-mesin bertransmisi CVT (continosly variable transmission) atau kerap disebut dengan mesin dengan transmisi otomatis pada kwartal akhir tahun 2007. Melalui Scootek Technology yang diusungnya, Castrol Power 1 Scooter diposisikan sebagai oli mesin 4T (empat langkah) mass prestige yang dapat menghasilkan tingkat gesekan rendah sekaligus memberikan perlindungan ekstra pada ruang mesin bersuhu tinggi akibat pembakaran dan gesekan antar komponen metal secara kontinyu. Castrol Power 1 Scooter memiliki spesifikasi JASO MB dengan API SG/SJ dengan tingkat viscositas 10W-40. Spesifikasi ini memungkinkan Castrol Power 1 Scooter bisa digunakan untuk seluruh model scooter-matic, baik untuk scooter-matick produksi Eropa maupun Asia.

“Dengan hampir semua pabrikan sepeda motor di Indonesia kini telah hadir dengan varian matic dan bisa diposisikan sebagai kendaraan heterogen yang cocok untuk digunakan semua kalangan, kami berharap acara Matic United Castrol Power 1 Scooter dapat diikuti oleh sebanyak-banyaknya peserta.” Diatri Soemardjo, Consumer Marketing Manager, PT Castrol Indonesia. “Data yang kami miliki sehubungan dengan populasi scooter-matic, menunjukan bahwa trend pemakaian motor scooter-matic di Yogjakarta mengalami peningkatan yang cukup siginifikan di mana tahun 2004 laku terjual 2.125 unit (2,3%), tahun 2005 naik 3.395 unit (3,7%), tahun 2006 terjual 8.196 unit (10%) dan tahun 2007 penjualan meningkat dua kali lipat, 17.087 unit (22%)! Dengan data tersebut jelaslah bahwa kebutuhan masyarakat Yogjakarta akan pelumas khusus scooter-matic juga mengalami trend peningkatan yang signifikan. Matic United Castrol Power 1 Scooter, juga merupakan wadah dimana kami bisa lebih mendekatkan produk kami kepada masyarakat pengguna scooter-matic Yogjakarta. Dengan menggelar Matic United, kami ingin menunjukan kualitas Castrol Power 1 Scooter yang diuji dengan kegiatan fun rally dan bisa diikuti oleh semua merek scooter-matic serta memberikan apresiasi lain berupa hiburan dan games-games menarik lainnya selain juga sebagai sarana kumpul dan komunikasi sesama komunitas penggemar scooter-matic. Pada kesempatan ini pula kami akan memberikan edukasi terhadap para pemilik scooter-matic mengenai arti pentingnya pelumas untuk mesin 4T,” ujar Diatri Soemardjo.

Castrol Matic United di Jogja berhasil menarik minat 321 pengguna matic dari 20 klub di Yogyakarta, Klaten, Semarang dan Wonosobo untuk mengikuti fun rally yang terbagi atas 10 scooter-maticers tiap kelompoknya. Sebagai kelompok terbaik, terpilih Puka, komunitas pengguna scooter matic yang bermarkas di jalan Gayam Yogyakarta. Sementara di kelas modifikasi scooter-matic dengan berbahan dasar sticker, tiga peserta terbaik masing-masing Sarwo Wijanarko (Yamaha Mio) sebagai juara pertama, disusul Erwin Kuntowijaya (Honda Vario) sebagai runner-up dan Ign.Tommy (Honda Vario) di posisi ketiga.”Semua kontestan memiliki desain yang bagus dan artistik meski mengandalkan media sticker. Yamaha Mio kami pilih karena sesuai dengan modifikasinya yang mengacu style retro, modifikatornya juga memiliki rancangan unik dengan desain Castrol Heritage,”jelas Mohamad Reno Irwahyudi, Project Manager PT.Castrol Indonesia sekaligus salah satu dewan juri.

Pelumas Berteknologi dari Castrol

Pelumas sebagai ’darah’ pada mesin kendaraan memegang peranan penting karena fungsinya yang lebih dari sekedar pelumas, namun juga sebagai penjaga suhu, perlindungan dari karat, pembersih, sekaligus juga menutup celah pada dinding mesin. Pelumas membuat gesekan antar komponen menjadi lebih halus sekaligus mendistribusikan panas dari ruang bakar ke komponen mesin lainnya. Cara kerja scooter-matic yang mengandalkan sistematik penggerak berupa CVT (Continously Variable Transmission) membuat cara kerjanya terlihat lebih sederhana, namun menghasilkan putaran mesin yang tinggi karena desain mesinnya yang dibuat lebih kompak. Teknologi kopling kering dan roda gigi terpisah yang menghasilkan suhu tinggi menjadikan penggunaan pelumas yang tepat menjadi sangat penting. Dengan kondisi seperti itu, performa mesin harus benar-benar mendapat dukungan penuh dari oli berspesifikasi khusus yakni yang memiliki kekentalan tinggi untuk roda gigi serta pelumasan untuk meminimalisir gesekan.

Sebagai produsen pelumas yang telah hadir di pasar dunia lebih dari 100 tahun, Castrol memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam memenuhi kebutuhan pelumas kendaraan roda dua maupun empat. Keandalan Castrol telah terbukti dari serangkaian penghargaan yang telah ditorehkannya di kompetiis balap dunia seperti MotoGP, F1 dan WRC. Khususnya di arena motorsport, Castrol tetap konsisten berkiprah di arena MotoGP dengan menjadi racing lubricant partner Honda Gresini Racing Team.

# # #

Sekilas teknologi Castrol Power 1 Scooter

Scootek Technology adalah penemuan baru Castrol sebagai pelumas mesin scooter-matic yang memiliki kinerja pelumasan maksimum pada suhu tinggi sekaligus mengurangi tingkat gesekan antarkomponen. Scootek Technology dikembangkan secara khusus sebagai pelumas mesin scooter-matic yang memberikan 50% tingkat kebersihan serta mengurangi penumpukan lebih dari 75% di bagian mesin dibanding dengan oli berspesifikasi 10W-40 sejenis. Dengan demikian, Castrol Power 1 Scooter berfungsi untuk mengurangi pembuangan tenaga yang tidak perlu, memberikan tenaga maksimal, melindungi mesin serta otomatis akan mengurangi tingkat konsumsi BBM scooter-matic Anda. Castrol Power 1 Scooter sebelumnya telah diluncurkan di Vietnam pada tahun 2004 dan tahun 2005 dipasarkan di Thailand. Di kedua negera tersebut, Castrol Power 1 Scooter terbukti menjadi market leader untuk pelumas khusus scooter-matic 4T.

Sekilas tentang Castrol

Berkantor pusat di Swindon, Inggris, Castrol telah hadir di lebih dari 150 negara di seluruh dunia dan menguasai pangsa pasar yang terkombinasikan sebesar 20 persen di kawasan Asia Pasifik, meliputi pasar Australia, China, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Castrol, merk pelumas unggulan dari BP p.l.c., mulai memasuki pasar Indonesia sejak 1970. Dengan meningkatnya permintaan masyarakat pada pelumas yang diakui secara internasional, pada 14 Mei 1998 didirikan PT. Castrol Indonesia.

Castrol adalah racing-partner Honda Fortuna untuk MotoGP 2006 dan di musim tahun ini bersama Honda Gresini yang saat ini mencapai posisi unggulan dalam MotoGP Championship. Castrol juga menjalin kemitraan global dengan beberapa pabrikan terkemuka seperti BMW, Komatsu Group, Land Rover, Volvo Car Corporation, dan Aston Martin. Castrol yang memusatkan divisi riset dan pengembangan di Pangbourne, Inggris, juga memiliki beberapa ‘Technical Centre of Excellence’ dan laboratorium yang tersebar di berbagai negara.

Leave a comment

Filed under event bikers

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s