Menngenal Tool Kits Sepeda Motor


Perkakas atau tool kits tidak terlepas dari kegiatan otomotif. Berbagai bentuk dan merek peralatan yang berhubungan dengan mesin atau bodi kendaraan tentu selalu kita temui dalam aktivitas bengkel. Namun tidak semuanya barang-barang tersebut dapat digunakan untuk membongkar-pasang pada setiap detail kendaraan, tapi terdapat klasifikasi dan pemakaian tertentu.

Secara umum menurut Riyanto Sunarko, mekanik senior jebolan Astra Honda Motor, tools ini terbagi dalam beberapa jenis, di antaranya:
-Common tools, yakni berupa peralatan yang biasa dan umum digunakan seperti kunci ring, kunci pas, obeng, tang

-Special tools, yakni peranti khusus untuk membuka komponen kendaraan, seperti tracker untuk membuka magnet.

-Measuring tools atau alat ukur, yakni berupa pengukur untuk mengetahui atau mengecek kondisi komponen tertentu seperti tekanan ban atau torsi

-Soft tools atau chemical, yakni pendukung hardwarenya biasanya berupa cairan seperti epoxy, locktite

Untuk motor-motor produksi Asia dan Eropa, ukuran baut adalah menggunakan satuan mm. Khusus motor Eropa sendiri sering ditemui dalam satuan mm berukuran ganjil seperti 11 dan 13. Hal itu contohnya bisa dilihat untuk membuka karburator Vespa yang memakai kunci 11. Sedangkan motor buatan Amerika yakni HD mengaplikasi satuan inchi. Tapi pengecualian untuk V-Rod ada sebagian yang sudah menggunakan ukuran mm karena motor ini awal diproduksi di Jerman.

Bagi keperluan sendiri motorist yang memiliki motor Jepang jangan lupa untuk selalu melengkapinya dengan common tools. Biasanya kunci yang lazim digunakan adalah 8,10,12,14,17,19 dan 21. Sedangkan pada motor Cina ada tambahan ukuran baut ganjil misalnya 13,” tambah Ryanto.

Merek-merek tool kits yang biasa dijumpai pada bengkel-bengkel sangat beragam. Snap-on, adalah merek yang paling terkenal kualitasnya dan lazim dipakai oleh mekanik-mekanik team-team balap dunia. Kemudian Kowa Seiki, Facom, Kyoto Tools Company, Vessel, Krisbow, ACE Profesional, dan Fukung. Tapi biasanya merek yang banyak digunakan sebagai standar bengkel-bengkel motor adalah KTC.

Dalam penggunaan umum sehari-hari, untuk membuka pasang baut lebih disarankan menggunakan kunci ring atau kunci shock. Hal itu agar tidak merusak bidang luar baut karena sudut-sudutnya bisa dicengkram sempurna. “Sedang kalau kunci pas, yang menekan hanya dua bidang saja hingga tekanannya tidak merata,” anjur Ryanto.

Kemudian untuk lebih mempercepat kerja kita dalam membuka baut, kunci model rachet bisa menjadi acuan. Kunci ini menganut sistem satu arah khusus untuk membuka dan satu arah lagi untuk mengencangkan

pernah dipublikasikan untuk majalah MotoRiders

1 Comment

Filed under Uncategorized

One response to “Menngenal Tool Kits Sepeda Motor

  1. alan

    untuk tools yang dipakai membongkar mesin termasuk tipe yang mana?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s