Tumpah Ruah dengan Ekspresi dan Prestasi






Tidak salah bila U Mild U Bikers Safety Race to Asia 2008 putaran keenam yang dilangsungkan di PRJ Kemayoran Sabtu-Minggu (11-12/10) lalu menjadi ajang ekspresi tertinggi komunitas bikers Indonesia. Mengapa? Karena dari sisi kualitas, penyelenggaraan acara ini mampu memikat para bikers untuk unjuk kebolehan sekaligus mengadu mengadu kemampuan di cabang yang dilombakan seperti kontes modifikasi dan kompetisi freestyle sekaligus menjadi ajang pembelajaran mengenai teknik berkendara dan penanganan kecelakaan melalui U Bikers First Aid Training bersama unit Ambulance Gawat Darurat 118.

Dan di luar itu, antusias juga muncul dari cabang olahraga road race dan drag bike malam yang sepertinya sudah ditunggu para pembalap selepas libur puasa dan lebaran serta hiburan live music di panggung yang ditutup dengan aksi duet maut jawara stunt rider Eropa, Johnnie Do dan Stephanie. Tak kurang dari 25.000 pengunjung berduyun-duyun menyaksikan gelaran yang mengusung tema Get MORE, Learn MORE and MORE Fun tersebut.

Di arena kontes modifikasi sebanyak 72 kontestan saling mengadu kreatifitas melalui karya-karyanya yang unik dengan beberapa ubahan yang tetap mengedepankan unsur safety. Berbagai aliran modifikasi dengan basis motor baru hingga keluaran tahun lawas menjadi pemandangan tersendiri merebut perhatian pengunjung mulai gaya street fighter, hot-rod, low rider, retro dan sebagainya. Hal ini masih ditambah dengan sentuhan seni seperti ornament airbrush, permainan grafis sticker serta aplikasi teknologi pada beberapa komponennya. Mereka tampaknya sangat serius menghadapai gelaran ini dengan mempersiapkan kendaraannya secara khusus demi merebut gelar Best of The best dengan imbalan menggiurkan salah satunya berangkat menuju Thailand untuk melakukan studi banding dengan modifikator Gajah Putih yang disediakan oleh U Mild U Bikers.” Kami cukup sulit untuk menentukan juaranya karena melihat karya-karya mereka hampir semuanya memenuhi criteria yang disyaratkan di antaranya layak digunakan, state of the art (modis), ide dan inovasi, logic serta tentunya memiliki desain berdasarkan nilai seni dan tingkat kesulitannya. Hal ini tidak terlepas dari sosialisasi yang telah dilakukan U Mild U Bikers sebelumnya yakni berupa gathering antarmodifikator yang diselenggarakan di Jakarta, Surabaya dan Yogyakarta, ujar Gustin, salah satu juri yang juga seorang modifikator ulung dari rumah modifikasi Goesventien Cycles. Dari hasil penilaian juri, gelar Best of The Best akhirnya jatuh ke tangan Sonny Jaya dengan motor Honda Vario.

Duel tidak kalah seru pun terjadi di arean freestyle competition, di mana para freestyler local saling beradu akrobatik di atas sepeda motornya yang dibagi dalam dua kelasi yakni single dan beregu serta dibedakan melalui tipe motor yakni matic, bebek dan sport. Sebanyak 72 freestyler dari berbagai kota di tanah air seperti Lampung, Makassar, Solo dan Yogyakarta berlomba-lomba mempertontokan keterampilannya dengan berdasarkan penilaian basic skill berupa stopie, wheelie dan burnout, serta special skill antara lain long stopie dan rotary ditambah harmonisasi, improvisasi, tingkat kesulitan, entertainment serta koreografi untuk kelas beregu. Aksi mereka tidak kalah ekstrem dengan apa yang dipertontonkan freestyler luar negeri hanya berbeda medianya yakni sepeda motor. ”Regulasi yang kita ambil dari Europan Stunt Riding Championship yang kita modifikasi sesuai dengan kondisi di tanah air sepertinya mulai diterima para freestyler lokal hingga mereka memiliki sebuah pegangan dalam berkompetisi. Untuk itu kami tengah memikirkan ke depan hadiah bagi mereka selain berupa uang yakni semacam penjenjangan, misalnya ikut kejuaraan internasional atau sekadar menonton kompetisinya yang bergengsi, “ ujar Yasin Tofani Sadikin, Brand Manager U Mild mengomentari dunia freestyle Indonesia.

Sementara itu, komitmen U Mild U Bikers untuk terus mengampanyekan gerakan safety riding ditunjukan dengan menyelenggarakan safety riding course yang diikuti oleh perwakilan 50 klub bikers di Jakarta dan sekitarnya dengan menghadirkan instruktur bersertifikat internasional, Joel D.Mastana didukung oleh Ditlantas Mabes Polri.Selain itu, sebagai tindak lanjut dari kursus berkendara aman ini, U Mild U Bikers juga menggandeng AGD 118 untuk menggelar U Bikers First Aid Training meliputi materi Basic Life Support for bikers, Call for Help, CPR atau bantuan hidup dasar, menghentikan pendarahan, Balut Bidai, dan Transportasi yakni bagaimana cara melepas helm. “Banyak kejadian kecelakaan yang berkibat fatal di jalan khususnya di kalangan bikers yang tujuan awalnya ingin menolong tapi salah menanganinya misalnya cara melepas helm. U Bikers First Aid Training ini kita adakan tahun ini sebagai kelanjutan dari safety riding course yakni bagaimana cara menangani korban secara dini bila terjadi kecelakaan, sedangkan kursus berkendara aman adalah cara pencegahan kecelakaan,”tambah Tofani.

Tentu saja yang menarik perhatian pengunjung adalah ketika Johnnie Do dan Stephanie, pasangan yang berprofesi sebagai stunt rider di Belanda sekaligus peringkat empat di Europan Stunt Riding Championship 2007 dan peringkat tujuh sementara World Stunt Riding Championship tahun ini, menunjukan aksi-aksi dahsyatnya dengan bertandem menggunakan Honda CBR 600 RR. Berbagai gaya yang ditunjukan Johnnie Do mampu mengundang decak kagum penonton Kemayoran, tidak kalah seru tentunya Stephanie yang kali ini tampil impresif dengan wheelie di atas Yamaha Scorpio. “Saya terkesan dengan penampilan di Jakarta kali ini, meski udara sangat panas tapi saya puas menghibur penonton ditambah kondisi motor pun sangat mendukung atraksi kami,Semoga seri nanti di Samarinda kami bisa melakukannya lebih gila lagi sebagai penampilan terakhir kami bersama U Mild U Bikers tahun ini,” jelas keduanya.

Sedangkan di arena hiburan, para pengunjung juga dimanjakan dengan bermacam games dan bazzar untuk mengakomodasi kebutuhan para bikers, seperti aksesori sepeda motor hingga suku cadang dan display motor baru. Stand U Mild juga menyediakan perangkat teknologi canggih bagi yang ingin mendownload wallpaper atau ring tone menarik dengan aplikasi Bluetooth sekaligus pendaftaran bagi komunitas klub bikers yang ingin berkomunikasi dengan sesame bikers lainnya di dunia maya melalui website http://www.umild.com. Terakhir, aksi panggung Steven & The Coconut Treez turut menggoyang dengan suguhan irama reggae yang dimainkannya.

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s