Surat terbuka kepada Media & wartawan/wartawati yang menulis “Arogansi Konvoi Moge”…

Suara hati seorang biker/builder/pelaku industri roda dua/ dari Yogyakarta yang terkena imbas gara-gara kejadian memalukan ulah sekelompok bikers!

Dear Media & wartawan/wartawati yang menulis “Agoransi Konvoi Moge”…

http://megapolitan.kompas.com/read/xml/2009/06/15/07592436/arogan.konvoi.moge.pukuli.pengendara.mobil

http://megapolitan.kompas.com/read/xml/2009/06/16/07333811/polri.moge.jangan.seenaknya

http://megapolitan.kompas.com/read/xml/2009/06/17/07085460/Mimpi.Buruk.Moge.pada.Hari.Ulang.Tahun.Si.Bungsu.Radit

Sy pengen-nya hanya diam…Tapi lama lama sesak juga kalo saban hari membaca liputan isi-nya ttg Agoransi Konvoi Moge dijalan mlulu…
Apa lagi kalo mbaca komentar pembaca dibawahnya…
Emangnye sudah berapa ratus / ribu bikers moge yg sdh arogan di jalan, sehingga jadi sebuah momok dijalan yg harus diberantas…? Fu*&#$% K !!


Sy pribadi sudah muak dengan segala arogancy “wannabe biker” dijalan…
Kalo emang kurang ajar, yaa mohon pak pulisi… itu si oknum bikers ditangkapin diproses, kalo emang takut si oknum melarikan diri ke China, Taiwan, Macau atau Singapore yaa…masukin penjara aja biar gak lari…

Plz lets U know…
Buat membeli “mimpi sebuah motor chopper”, sy harus menabung selama bertahun tahun…
Mulai merangkai mimpi, karena budget waktu itu terbatas… yaa akhirnya sy beli sebuah motor tua…tepatnya medio pertengahan th 1991 itupun beli yg murah, yg sudah nyaris kerimbun tanah…kalo motor tua yg sdh layak jalan budget juga nggak kesampean…mulai sy bongkarin, sy bersihin, dicarikan parts yang kurang…dikomplitin… sampai bisa hidup…
Then, baru sy bisa happy riding sama beberapa temen deket…dari yang belajar riding deket2 spt ke kaliurang, solo,magelang…sampai berani riding ke acara motor2 tua di luar kota…semarang, Surabaya, dll…

Sampai akhirnya saya mulai comfort ‘n enjoy riding alone kemana mana…
Dari riding itu sy belajar banyak hal ttg kehidupan, yang nggak bisa sy idapetin kalo sy hanya hidup dalam sekatan tembok tembok kantor…kalo sy hanya hidup dibalik layar komputer…
Sebuah “kemandirian”… Akhirnya sy menemukan sebuah kenyataan bahwa kalo mau hidup dijalanan, gak bisa selalu mengharapkan bantuan orang lain… apalagi ketika motor tua yang kita naikin trouble dijalan…
Sy mulai melihat realita dan potret kehidupan yang sebenarnya dari apa yang saya lihat di sepanjang jalan…
Mulai mengagumi keindahan dan kebesaran Negari ini dari perjalanan perjalan 2x yang saya tempuh sendiri…
Mulai belajar be-bhinekaan disetiap daerah yang dilewati, ke-bhinekaan dalam artian yang sebenarnya…
Mulai memaknai arti sebuah “brotherhood” sbg persaudaraan yg sesungguhnya…sy mulai mencari teman di kota lain sebanyak-banyaknya… yaach…minimal kalo touring ke suatu daerah, ada teman yang nunjukin toko spare parts dan nemenin bongkar rumah kopling atau gearbok, atau laker roda…
Hahahaha…

Setelah gonta ganti – tukar tambah, dari motor BMW, ganti BSA, ganti Norton…
Akhirnya setelah motor tua dijual ditambah tabungan pribadi baru beli sebuah Harley Davidson, itu dlm kondisi bekas, bukan baru… mulai start kerja keras lagi, menabung lagi, blanja parts, kemudian men-chopp, merebuilt, painting…sampe jd sebuah motor chopper yg sy impikan…
So, panjang banget perjalanannya untuk punya “sebuah motor chopper impian”..

Yaa, dengan pemberitaan yg bertubi2x…sy merasa di dzolimi oleh media…Media besar yang jargonnya mengangkat hati nurani…
Dengan “seru” nya tulisan di media…Independent bikers yang main motor coz real & main hobby…yang maen motor karena, we hv passion wit motorcycles world… Image-nya jg jadi kena imbas
Kalau sy cermati Image dan opini tulisan di media sengaja mengarahkan pembaca seolah2x all bikers adalah “Golongan/komunitas” org yg menghalalkan segala bentuk kekerasan…

Sampai detik ini sudah 3 hari terturut2x jadi head line tulisan di sebuah media yg paling gede di Indonesia… Ngalah ngalahin berita kampanye-nya capres & cawapres…?
Akhirnya sy berpikir…

Wat da tendency and conspiracy behind all this shitt?
Jangan2x memang berita arogansi moge sengaja diangkat ke permukaan oleh si media…Agar jadi public issue baru…sehingga masalah2x yg sangat krusial, yg sekarang sedang jadi sorotan public tertutup oleh issue baru ini…
Begitu kah??

Wat da fuck wit U guys?
Apa ada orang and or wartawan/wartawati di media ini yang pernah sakit hati karena pengendara moge…?
Pernah mimpi punya pacar seorang pengendara moge tapi nggak kesampaian…atau pernah “nembak” pengendara moge tapi “cinta-nya tolak”?
Ato dulu pernah diputusin cowoknya yang pengendara moge?
Ato dulu pernah sakit hati, coz dulu cewek pujaannya di gebet sama pengendara moge?
Come on…
Dan akhirnya sampeyan melihat kejadian arogansi oknum biker sebagai suatu celah emas untuk menumpahkan unek2x…dan “revenge” sakit hatinya…
Sy mikir begitu karena sy melihat sampeyan antusias bangettt nulisnya…
Tulisan artikelnya bener2x ditulis wartawan/wartawati yg emang jago…
Biasa nulis novel kali yaa… so, empaty si pembaca bener2 di kuras…
Two thumb up 4 yo…!!
But u must remember, fungsi media sebagai control social…bukan sebagai bad image creater…
Think & Act Wisdom…
Jangan berpikir ala yahudi… Wat da fuck wit other people…other community…
Ah, yang penting gue jadi wartawan /wartawati beken…
Tulisan gwe jadi omongan banyak orang…
Rating dan bayaran gwe akhirnya naik tinggi…

Almarhum papa sy pernah bilang:
Klo emang mo nangkep ikan…yaa tangkep ikannya… jangan bikin keruh seisi empangnya karena banyak binatang & makluk lain di dalam empang itu…

Tolong juga sampeyan bikin tulisan yang berimbang dong…
Tulis juga tentang AROGANSI DRIVERS !!!
Sejak sy touring pertama sampai detik ini… sudah gak keitung berapa ratus kali sy hampir celaka di”buang” ke bahu jalan karena arogansi sopir bis…sopir truk… sopir mobil mobil pribadi…sopir rombongan konvoi bermobil…
Kapan yaa media mau nulis hal ini… come on, yang fair lah… jgn hanya nulis arogansi bikers doang…
Kalo mau di omongin lebih detail lagi…dengan kejadian AROGANSI DRIVERS ini sudah berapa ratus nyawa melayang sia sia…
Coba cari data akuratnya di kepolisian…
Kalo sampeyan bisa mengangkat hal ini…menggalang public opinion & social act…
Sy yakin effort-nya lbh besar & terasa…banyak ratusan nyawa dijalanan yg akan terselamatkan…

Salam – Forever Two Wheels…

7 Comments

Filed under lifestyle

7 responses to “Surat terbuka kepada Media & wartawan/wartawati yang menulis “Arogansi Konvoi Moge”…

  1. Anonymous

    Maaf ya bung(seorang biker dr Jogja)! tulisan Anda ini sepertinya mengarahkan saya pada kesimpulan bahwa kebanyakan biker itu arogan. Anda mungkin menabung lama sekali utuk beli moge,…lah yg lain menabung lama juga hanya untuk beli sepeda.Saya rasa tulisan wartawan berdasarkan informasi masyarakat. Masyarakat sendiri menilai para bikers (dr jenis apapun bikernya)dari perilaku kebanyakan mereka. Masyarakat hanya menilai. Wartawan hanya mewartakan. Baik atau buruk tergantung perilaku yg ditunjukkan.

  2. Anonymous

    dari gaya bahasanya, udah pasti bro ini, juga termasuk orang yang emosian. wajar motor gede, emosinya juga gede…. kasar banget bahasanya "wat da fack wit u guy?"…. cermin dulu bung….. baru kasi komentar pada si wartawan…. masyarakat yang menilai bung…….

  3. Anonymous

    keren dab, mau naik apa aja tergantung orangnya.. emang beberapa ada yang seenaknya dan sok jagoan ketika naik moge tapi ga bisa digeneralisasi. sama kek naik mocil, mobil, truk, bis, ada yang seenak wudele dewe.. tapi ga semua..

  4. Anonymous

    klo gak pake ngeroyok, mukulin & ngeludahin orang pasti britanya jg ga kyk gitu… tapi mmg fakta nya itu yg terjadi, yah itu yg diberitakan.

  5. Anonymous

    maaf bro saya mengerti anda hanya ingin menyampaikan arogansi tergantung dari individu dan bukan dari apa yang dikendarai.. .. tapi maaf gaya bahasa bro terlihat arogansi dan emosi.. sehingga untuk sebagian orang yang baca bro sendri terkesan arogan

  6. Ade Putri

    Sebagai non-biker (nggak punya motor dan nggak bisa nyetir motor), gue juga nggak suka deh baca artikel-artikel yang isinya memojokkan pemilik moge. Semua dengan kalimat-kalimat yang memposisikan bahwa pemilik moge itu pasti arogan. Jatuhnya jadi penyeragaman, generalisir gitu ya. Gue sempet berpikir, cap arogansi itu akhirnya timbul lebih karena sirik aja. Because they can't afford any.

    Stop generalize anything. Open up your mind!

  7. cbr919rr

    halo halo semua nya, pertama saya kulanuwun dulu krn lewat sini, oh ya saya pengendara moge and sepeda othel jadi tergantung kebutuhan,menurut saya hal moge arogan atau tidak itu adalah urusan personsnya saja ,banyak juga motor standar2 yang arogan juga moge tapi yang menarik unt disimak adalah angka lalinmotor standar mencapai tingkat yang sangat menghawartikan,jadi intinya adalah jalan itu kan milik umum jadi kita harus sadar diri dalam berlalin misal ada motor gede yang lewat dan itu konvoi ya berilah jalan,apalagi pake patwal dan jangan tersinggung lah kita harusnya kagum karena bangsa kita ini ada juga yang bisa beli motor seharga rumah ,,,,,,,oke bro

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s