Balap Motor 2010: Honda dan Ducati Makin Serius

Pentas balap motor nasional akan semakin seru di tahun ini.Skuad Honda akan semakin solid dengan kehadiran para pebalap yang hijrah dari merek lain. Sementara Ducati kian serius mencari pebalap muda.

Jayadi Racing Team dipastikan tahun ini berganti baju dari logo S ke Sayap Kepak. Oki Ristan#86, pebalap asal Tasikmalaya yang baru saja menerima anugerah sebagai salah satu atlet terbaik Jawa Barat dari Pengda IMI Jabar tetap menjadi ujung tombaknya di kelas seeded. Satu lagi di kelas Pemula akan diisi oleh satu pebalap berbakat dari Jawa Timur, Tommy Salim.

“Kami ingin tantangan baru dengan menggunakan motor Honda. Targetnya tentu saja juara,” ujar Ahmad Jayadi, pemilik tim. Mereka akan bertarung di Honda Racing Championship, Motoprix dan menjajal wild card Asian Road Racing Championship. Sponsornya masih mengandalkan produk lama langganannya, seperti Denso, Castrol, IRC,WD40 dan beberapa prospek lainnya. Jayadi Racing Team akan dinaungi langsung oleh pabrikan AHM  sebagi bukti keseriusan Honda mengikuti ajang balap nasional.

Di pihak lain, Owie Nurhuda menjadi tandem Nurgianto di Honda Banten. Komposisi pebalap Honda masih akan diperkuat muka-muka lama seperti Rey Ratukore, Wawam Hermawan, Bima Oktavianus dan Dedy Fermadi.

Sementara Yamaha tidak banyak berubah, hanya pergantian pebalap saja misalnya Rafid Topan yang kini memperkuat Yamah Tunggal Jaya bahu membahu bersama Irwan Ardiansyah (Yogyakarta). Mereka dipersiapkan Yamaha untuk regenerasi bai Topan yang tahun ini akan menjajal Supersport 600 cc. Sedangkan kubu Rafid Popppy akan diperkuat Rizaludin Sidqi (eks Suzuki AHRS)  dan Heru Susanto yang pernah mengaspal bersama ASH Motorsport.

Sedangkan kubu Suzuki AHRS yang ditinggalkan M.Fadli dan Wahyu Widodo dikabarkan hanya akan mengandalkan Harlan Fadillah, mantan seteru Fadli di Star Motor.

Di kategori motor besar, Ducati Indonesia Racing Team tampaknya makin serius di balapan Superbike dengan akan direkrutnya pebalap muda sebagai pelapis Matteo Guerinoni.”Orangnya sudah ada, yang pasti usianya masih muda, punya pengalaman naik supersport dengan catatan waktu yang bagus mesti kondisi motor standar. Saya mungkin akan berhenti balap setelah tahun ini dan hanya fokus melatih pebalap Ducati muda,”ujarnya. Dikatakannya, Ducati akan serius membina para pebalap muda Indonesia dengan akan mengirimkannya ke kejuaraan balap di Malaysia serta training school di Portugal.

Leave a comment

Filed under balap motor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s