Kejurnas Balap 250 cc (Harusnya) Menuju Dunia

Era baru balapan yang berkonsep dunia mulai dirintis di Indonesia, setelah program GP Mono mandek di tengah jalan, kini Indospeed Race Series memperkenalkan kelas 250cc dengan level Kejurnas. Pemainnya sekarang, baru ada Kawasaki Ninja dan Honda CBR, dimana Honda CBR 250R besutan Astra Motor Racing Team yang digawangi Benny DU Star Motor unggul jauh ketimbang Ninja. Bahkan, pembalap sekelas M.Fadli yang membawa bendera pabrikan Kawasaki pun dibuat tak berdaya.

Isu bobot motor menjadi perbincangan seru, karena perbedaannya cukup jauh sesuai dengan buletin yang dikeluarkan panitia, berat kosong Honda 132 kg dan Kawasaki 157 kg. ketentuan itu hanya berlaku untuk seri pertama, 21-22 April kemarin di Sentul. Untuk sei selanjutnya akan dikeluarkan addendum perubahan berat kosong kendaraan kelas 250cc Kejurnas, sebagai berikut :
Honda : 127 kg ( dengan ketentuan boleh mengganti velg) dan Kawasaki : 152 kg (tidak boleh mengganti velg)

Tapi saya bukan menyoroti hasil balapannya, namun dibukanya kelas 250cc merupakan jembatan emas untuk karier pembalap Indonesia menuju level dunia. Honda telah merintisnya dengan membuka Asia Dream Cup, balapan kelas Asia dengan menggunakan basic CBR 250R. Jenjang ini nantinya menjadi kunci menuju perhelatan Moto3 di MotoGP.

Menariknya, saat membuka sebuah situs di Thailand, Yamaha dikabarkan tengah bersiap melansir motor berkapasitas 250cc yang akan diproduksi di India atau negara Asean agar harganya kompetitif di pasar. Segmen 250 cc memang tergolong baru, namun banyak para bikers yang membeli motor di atas 150 cc untuk merasakan thrill of riding yang lebih mumpuni. Selain Honda dan Kawasaki yang sudah hadir di market, KTM juga sudah meluncurkan KTM Duke 200, street fighter yang bertenaga kencang serta berbobot ringan. Lalu Suzuki juga sudah menggadang-gadang Inazuma 250.

Semoga saja nantinya, para APM motor, melihat segmen ini tidak sekadar untuk mengobral promosi produknya saja, namun juja turut berkomitmen memajukan balap nasional yang berfilosofi balapan dunia. Semoga

20120425-130543.jpg

20120425-130550.jpg

Leave a comment

Filed under balap motor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s