FORWOT Safety Riding 2012 : Mencari Agen Keselamatan

Di Indonesia, setiap hari jumlah kecelakaan lalulintas yang melibatkan sepeda motor semakin mencemaskan. Kecelakaan tersebut menimbulkan banyak kerugian materi dan non-materi (seperti cacat hingga kematian). Banyak  warga  yang  jatuh  miskin karena cacat seumur hidup akibat kecelakaan lalu lintas.  Jangankan untuk menghidupi keluarga, buat sendiri mencari nafkah saja sudah sulit.

Populasi sepeda motor yang semakin menjamur tidak diikuti keterampilan mengemudi, disiplin menjadi penyebab kecelakaan termasuk kondisi jalan. Itulah sebabnya Forum Wartawan Otomotif (FORWOT) menggelar Safety Riding di Lotte Mart AlamSutera, Tangerang Selatan, pada 15 Juli 2012. “Penyelenggaraan ini berkaitan pula dengan menjelang musim mudik Lebaran 2012. Ratusan ribu sepeda motor diperkirakan akan menjadi alat transport para pemudik. Risikonya sangat besar, apalagi jika mereka tidak dibekali skill dan pengetahuan yang benar dan luas mengenai teknik berkendara,” kata EriHaryoko, KetuaUmum FORWOT dalam rilisnya.

Menggandeng Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) yang dikomandani Jusri Pulubuhu, FORWOT Safety Riding 2012 juga disokong TVS Motor Company Indonesia, Evalube, Astra Honda Motor, GMO Oil Booster, FIF (Federal International Finance), Motoritz, Garda Oto, dan Ban Zeneos.

Di luar dugaan, animo peserta baik kalangan jurnalis dan klub ternyata tinggi mengikuti acara yang berlangsung dari pukul 8 pagi hingga 17.00 sore. 19 jurnalis dan 34 peserta klub antusias mengikuti materi yang diberikan baik teori berupa dasar berkendara sampai praktik berupa cornering (menikung) dan slalom, sands bed (pasir), speed trap (tangga), ascending dan descending (tanjakan dan turunan) serta pengereman.

Menurut Jusri Pulubuhu, banyak peserta yang belum memahami fungsi sepeda motor sendiri karena kurangnya pengetahuan yang dimilikinya.”Paling gampang adalah membaca manual book, atau buku petunjuk ketika membeli sepeda motor,” ujarnya. Selain itu, basic riding semisal pengereman mulai dari cara jari tangan menarik tuas rem sampai memfungsikan distribus rem depan dan belakang masih minim. “Melalui acara ini, kami ingin mencari agen-agen keselamatan yang akan menyampaikan informasi secara benar kepada rekan, keluarga, sahabat mengenai safety riding,” sambungnya lagi.

Safety riding adalah pengetahuan dasar seseorang tentang bagaimana memperlakukan sepeda motor agar bisa nyaman dan aman dikendarai.”Yang lebih penting lagi adalah antisipasi ketika mereka di jalan raya, dimana kita harus menguasai yang namanya defensive riding, atau bagaimana mengantisipasi kecelakaan yang datang dari luar kita sendiri, misalnya jalan berlubang, menyalip dan berbelok,” serunya lagi.

Sementara dari pihak sponsor, PT TVS Motor Company menyambut baik gelaran ini sesuai tema yang diajukan FORWOT. “Sebagai produsen sepeda motor, PT TVS Motor Company Indonesia turut bertanggung jawab dalam mengampanyekan keselamatan berkendara guna terciptanya masyarakat yang peduli terhadap keselamatan berkendara,” kata Nurlida Fatmikasari, Head of Corporate Communications TVS Motor Company Indonesia.

“Dari tema yang diajukan FORWOT  sangat menarik karena pemahaman terhadap antisipasidan risiko berkendara dengan mengundang para biker dari komunitas dan media sebagai ujung tombak pemberi informasi kepada masyarakat, khususnya untuk para pengguna sepeda motor di Indonesia.”

Leave a comment

Filed under event bikers, news, safety riding

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s