Tips Menghidupkan Sepeda Motor di Pagi Hari

Mungkin bunyi ngelitik dan suara aneh pernah Anda dengar keluar dari dapur pacu beberapa motor besar. Kecuali usia motor uzur, banyak kendala teknis lainnya yang mungkin muncul karena keteledoran Anda dalam perawatannya. Kurang perhatian terhadap mesin sudah pasti menjadi penyebabnya. Tapi, ada salah satu hal yang sering dilakukan dan tanpa disadari mulai merenggut usia dan kinerja peranti mesin.

Lalu apa? Cara menyalakannya saat pagi hari atau ketika motor sudah lama tak dihidupkan. Karena bobot moge yang mencapai lebih dari 200 kg, otomatis untuk memarkirnya kita biasanya hanya menggunakan standar samping. Nah, dari posisi miring itulah yang tanpa disadari oleh kita bisa menebarkan ancaman bencana. Kondisi ini berlaku untuk segala konfigurasi mesin baik V-twin atau in-line.  Logikanya kita membandingkan dengan teori fisika bejana berhubungan. Jadi, kapasitas oli tentu lebih banyak merendam di sebelah kiri mesin sedangkan yang sebelah kanan dipastikan kurang.

Karena itulah pasti beberapa komponen mesin bagian kiri akan mengalami kekurangan pelumasan. Stang piston, crankshaft dan gigi-gigi bawah akan terkena gejala dehidrasi. Keadaan itu biasanya berlangsung semalaman waktu kita memarkir motor. Celakanya saat menghidupkannya, kita main starter saja. Kejadian inilah yang selanjutnya akan merongrong kelangsungan mesin.

Bila peristiwa ini berlangsung berlarut-larut niscaya dalam waktu enam bulanan performa mesin mulai menurun. Apalagi diperparah dengan tingkat daya pakai motor yang tinggi serta jarak tempuh yang jauh. Faktor kekentalan oli dan kebersihannya akan sangat menentukan tingkat pemakaiannya. Karena itulah hal  yang sangat mudah ini harus benar-benar dipahami oleh seorang motorist.

Langkah yang harus dilakukan yakni kita mendudukinya agar saat posisi motor berdiri kaki kita mempunyai kekuatan dalam menahannya. Hal itu untuk membantu oli naik kembali melumasi jeroan mesin secara merata. Tunggu dalam hitungan 15 detik saat akan menstarternya. Untuk beberapa mesin injection karena menggunakan sistem rotax kita harus menunggu beberapa detik lagi agar bahan bakar naik.

Yang harus diperhatikan juga yakni menyangkut tipe-tipe motor yang mempunyai tipikal khusus dalam menghidupkannya. Ambil contoh scooter-matic yang harus dihidupkan dibarengi dengan memijit tuas rem. Untuk beberapa tipe sport seperti Suzuki SV650 ketika menyalakannya harus dibantu dengan menatrik tuas kopling.

Leave a comment

Filed under Tips

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s