Yamaha XS650B 1975 : Motor Klasik dengan Tenaga Enerjik

Salah satu varian yang bisa diketengahkan menjadi panduan Anda memiliki motor klasik Jepang adalah Yamaha XS650. Lalu, apa saja yang bisa menjadi panduan mengapa masuk dalam kategori motor pilihan? Banyak alasan yang mendukungnya. Kepopuleran Yamaha XS650 di tanah air sendiri mendapat respons positif para motorist khususnya di kalangan penghobi motor lawas. Di setiap kumpulan motor tua, tipe yang mulai diproduksi sejak 1975 ini, akan cukup mudah ditemukan. Begitu halnya kaum chopperist pun banyak yang memanfaatkan basisnya menjadi bahan modifikasi. Kemudian yang menjadi alasannya lagi, kehebatan mesinnya banyak yang mengakui, utamanya menyangkut performa lari.

Model ini sebenarnya telah diperkenalkan pada tipe TX-650A, yang setahun kemudian berevolusi menjadi XS650B. Generasi pertama XS650, tampil sempurna dengan keunggulannya antara lain:

Mesin

Yamaha mendesain mesin ini dengan tingkat kekuatan dan daya tahan lama. Konstruksi mesinnya yang kompak didukung perangkat dalam yang presisi. Letak keunggulannya terdapat pada sistem pelumasan yang sempurna hingga menjamin daya kerja komponennya lebih awet. Tingkat ekonomis bahan bakar yang diolah dua buah karburator Mikuni tipe Constant Velocity menghasilkan tenaga lebih andal di setiap putaran mesin. Tenaga yang dikeluarkannya sudah mulai terasa antara putaran 2.000 rpm hingga 6.000 rpm. Daya tuai maksimumnya dibukukan pada angka 50 hp/7.200 rpm serta torsi masimum dihasilkan pada 52 Nm/6.000 rpm. Hal inilah yang membuat XS650 juga banyak digunakan untuk kebutuhan balap. Keunggulan lainnya, perpindahan gear lebih smooth tidak menimbulkan suara gaduh karena pertautan antarrangkaian gearnya dibuat konstan .

Frame

Frame XS650 dirancang menggunakan bahan pipa berkekuatan tinggi dengan perhitungan titik pusat gravitasi yang akurat untuk menghasilkan handling mantap. Hal tersebut mengingat ukuran dan kapasitas mesin yang besar, dengan kemungkinan pengaruh kestabilan berkendara akan berkurang. Kemudian kelebihannya lagi untuk meredam efek getaran mesin juga telah dieliminir oleh engine mounting.  Unjuk kerja fork depan juga lebih terasa karena mengaplikasi tipe enduro yang tentunya tangguh menerjang segala medan. Di roda depannya, telah ikut juga dipasangi rem model disc brake yang mempunyai kaliper di depan fork.  Suspensi belakang, bisa di stel sesuai kebutuhan dengan 5 tingkat penyetelannya. Ini yang mendukung XS bisa melintasi kondisi jalanan atau ketika membawa barang bawaan sekalipun. Ditambah lagi diameter bearing swingarm yang besar membuat daya kerja  mengantar handling lebih baik serta unggul untuk masa perawatannya.Hal inilah yang menjadikan XS meski berbodi lebar tetap lincah sekalipun diajak bermanuver di kemacetan kota. Dan yang tidak kalah oke, XS650 adalah salah satu varian yang menjadi favorit builder atau penggemar custom bike untuk dijadikan basis custom bike berbagai aliran, seperti halnya foto-foto di bawah ini.

Data & Fakta

Yamaha XS650B 1975

Mesin

Tipe 4-tak, 2-silinder, OHC

Kapasitas 653 cc

Diameter x langkah 75 mm x 74 mm

Perb. kompresi 8,4 : 1

Karburator 2 Mikuni tipe CV 38 mm

Daya maksimum 50 hp/7.200 rpm

Torsi maksimum 52 Nm/6.000 rpm

Top speed 180 km/jam

Starter Kick & Electric starter

Transmisi 5-speed

Kopling Multiplate, basah

Dimensi

Panjang 2.175 mm

Lebar 780 mm

Tinggi 1.090 mm

Tinggi jok 810 mm

Jarak sumbu roda 1.435mm

Berat 217 kg

Kapasitas 15 liter

Rem depan Disc brake

Leave a comment

Filed under bikes, news

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s