Norton Commando Fastback 1969 : Motor Idaman Kaum Flamboyan

Generasi awal Commando diperkenalkan tahun 1967 di ajang Earls Court Show, namun prototype mesinnya baru dilansir April 1968. Karena ada persoalan sekitar komposisi rancangan frame dari material pipanya, Fastback, nama model Commando pertama tersebut, mulai dilansir resminya pada Januari 1969.

Fokus utama model ini tentu terletak pada keunggulan frame yang mengadopsi sistem isolastic engine mounting. Pengembangan sistem ini berfungsi untuk mengeliminasi getaran yang ditimbulkan oleh mesin twin dengan kapasitas besar, 750 cc. Titik vital sebagai sumber guncangan dari mesin, gearbox serta swingarm diredam oleh pemasangan bushing dipadukan dengan tingkat keakuratan serta kepresisian rangkaian pipa frame.

Ini sebagai upaya Norton untuk menjadikan Fastback bagian dari sebuah tunggangan yang penuh inovasi dalam memberikan kenyamanan saat mengendalikannya. Improvisasi sektor ini pula yang membuat reputasi Norton makin berkibar sebagai motor dengan kemampuan handling yang prima.

Bobot kendaraan yang dipangkas lebih ringan serta profil bodi lebih slim ikut menunjang kemampuan daya dorong tenaganya maksimal. Ini ditimbulkan dari aplikasi komponen bodi yang banyak menggunakan bahan fiberglass seperti tangki bensin dan tail-piece. Karenanya, modernisasi wilayah bodi ini menghasilkan sebuah penampilan yang  menghilangkan kesan kaku serta mencerminkan karakteristik kuat model sensasional Norton untuk menahan gempuran motor-motor Jepang.

Terlebih dari mulai settingan setang, panel instrument, kontur jok Fastback telah menunjukan identitasnya sebagai kuda pacu yang cepat layaknya tipikal sebuah motor balap. Memang bila ditelusuri sejarah ke depannya, Fastback menjadi cikal bakal dari model Commando berikutnya untuk kejayaan Norton Racing Team dalam mengkuti beberapa ajang kompetisi balapan. Tidak mengherankan bila Norton Commando karena kesuksesannya dalam rentang waktu 1968-1972, Motor Cycle News menganugerahkan gelar Machine of the Year.

Data & fakta

Norton Fastback Commando 1969

Mesin

Tipe OHV parallel twin

Diameter x langkah 73 mm x 89 mm

Kapasitas 745 cc

Daya maksimum 54 hp/6500 rpm

Karburator Twin Amal concentric

Pengapian Battery dan koil

Transmisi 4-speed

Kopling Enam plate, kopling basah

Frame Tubular cradle with isolatic mounted engine

Fork depan Telescopic

Suspensi belakang Swingarm

Rem depan Twin-leading drum brakes

Rem belakang Single-leading drum brakes

Berat 180 kg

Top speed 185 km/jam

 

 

 

Leave a comment

Filed under bikes, news

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s