Honda Cub: Motor dengan Mesin Terbaik di Dunia

Jakarta, 26 Juli 2012 -Kenapa mesin ini bisa dimasukan dalam kategori mesin terbaik di dunia? Salah satunya karena sudah diproduksi lebih dari 60 juta unit pada tahun 2008  dan berkonsumsi bahan bakar irit, 50,4 km/liter. Dan itu dipastikan tetap akan bertahan. Pabrikan Honda memang merancangnya tidak muluk-muluk namun dibuat sesuai dengan tingkat keperluannya. Di dekade 50-an tipe ini sangat luar biasa dan terbukti hingga hingga sekarang mampu bertahan diterima berbagai golongan masyarakat.

Kecepatan asli mesin 49 cc versi ohv mampu menuai tenaga 4,4 hp pada putaran 9500 rpm, sedangkan top speednya mencapai 72 km/jam. Untuk memangkas biaya produksi, mereka tidak menggunakan pompa oli, tapi distribusi oli tersebut disalurkan melalui conrod ketika piston melakukan tekanan ke atas permukaaan silinder. Kemudian transmisinya menganut sistem kopling sentrifugal otomatis dengan tiga percepatan.

Mesin ini nyaris tidak mempunyai kekuarangan  karena memang   diproyeksikan untuk performa harian bukan untuk kompetisi.Desain karya Soichiro Honda dan orang kepercayaannya, Takeo Fujisawa ini telah terbukti setelah mengikuti tour Eropa tahun 1956, lalu model Cub diperkenalkan di Jepang tahun 1958 dan mulai di ekspor tahun berikutnya.

Pertengahan ‘ 60-an dirilis versi 70 dan 90 cc yang ditawarkan dengan menggunakan mesin  overhead camshaft dan silinder headnya bermaterial alloy. Apa wujud nyatanya? Tenaganya memang kurang,  bunyi mesin dan saat perpindahan gigi selalu mengiringinya hal ini dirasakan oleh hampir setiap pemakainya. Melalui model C90 yang dianggap modern, kecepatan yang dihasilkannya mampu menorehkan angka 88 km/jam.

Key milestones of Honda Super Cub Series

  • August 1958 Sales of Super Cub C100 began (air-cooled 4-stroke, single-cylinder OHV engine, 49cc, 4.5 horse power)
  • Production site: Yamato Plant (later became Saitama Factory Wako Plant)
  • 1959 Exports to the U.S. began
  • 1960 Production at Suzuka Factory began
  • 1961 Cumulative production reached 1 million-unit milestone
  • 1961 Production based on component parts sets began in Taiwan (first production outside of Japan)
  • 1964 Sales of Super Cub C65 (the first OHC engine) began
  • 1966 Sales of Super Cub C50 (OHC engine) began
  • 1967 Cumulative production reached 5 million-unit milestone
  • 1974 Cumulative production reached 10 million-unit milestone
  • 1983 Fuel consumption of 180km/liter (30km/h constant-speed test value) achieved (Super Cub 50 Super Custom)
  • 1988 Sales of Press Cub began
  • 1991 Production was transferred to Kumamoto Factory
  • 1992 Cumulative production reached 20 million-unit milestone
  • 1997 Sales of Little Cub began
  • 2005 Cumulative production reached 50 million-unit milestone
  • 2007 An electronically-controlled fuel injection system, Honda’s PGM-FI, was installed on Super Cub 50, Press Cub 50 and Little Cub.
  • 2008 Cumulative production reached 60 million-unit milestone (April)

Leave a comment

Filed under bikes, news

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s