PWRC Jerman : Subhan Aksa di 5 Besar

Trier/Jerman – Ganasnya putaran ke-9 serial World Rally Championship (WRC) 2012 di Rally Jerman langsung terasa di dua Special Stage (SS) awal.  Trek tarmac SS1 di Mittelmosel1 maupun SS2 di Mosselland1 ternyata sangat menyiksa kerja rem. Banyaknya tikungan tajam dalam bentuk persimpangan membuat kerja ban dan rem sangat berat.

Akibatnya, belasan mobil langsung alami rem panas (overheating). Sejumlah pereli, baik di kelas WRC maupun Production WRC (PWRC), sempat tersendat di dua SS hanya karena masalah rem. Termasuk Subhan Aksa yang menjadi kontestan regular di ajang kejuaraan dunia PWRC. Dua pereli papan atas PWRC, Benito Guerra (Meksiko) dan Valeriy Gorban (Ukraina) pun alami hal sama. Parahnya, Gorban justru terhenti di SS2 setelah remnya jebol akibat terlampau panas. Pereli PWRC lainnya yang terhenti di tengah jalan adalah Romano Karlsson (Swedia).

Hal sama sebenarnya dialami Subhan dengan Mitsubishi Evo X-nya. “Kinerja rem benar-benar disiksa di dua SS awal. Kami sudah alami sejak SS1. Sadar akan resikonya, kami mulai membatasi kerja rem pada SS2 dengan lebih mengandalkan engine brake. Itu lumayan menolong. Menurut perkiraan tim teknis, panasnya rem sudah mencapai 500 derajat celcius,” ujar punggawa Bosowa Rally Team itu. Tim akan menggantikan pompa power steering-nya untuk tetap bisa mempertahankan laju mobil Subhan Aksa.

 

Subhan mengaku bersyukur terhindar dari akibat lebih serius sepeti dialami pereli lain. Di SS 1 ia finis urutan 5 dan berikutnya di urutan 4. Di hasil keseluruhan sementara PWRC, ia bercokol di urutan 5 di bawah Michal Kosciuszcko (Polandia), Benito Guerra (Meksiko), Marcos Ligato (Argentina), dan Nicholas Fuchs (Peru). Ia defisit waktu 1 menit 28,5 detik dari Kosciuszcko.

“Handling mobil sudah mulai terasa nyaman meski ini pengalaman pertama di lintasan aspal. Semoga posisi 5 Besar bisa kami jaga di rute selanjutnya,” harap Subhan yang dalam klasemen kejuaraan dunia PWRC saat ini menempati peringkat 3 di bawah Guerra dan Gorban.

Beberapa pemacu mobil-mobil WRC sama saja, berkutat dengan masalah rem sepanjang dua SS itu. Akibat parah dialami Matt Ottsberg (Ford Fiesta) yang banyak kehilangan waktu di SS2. Namun, yang paling parah dari semuanya menimpa pereli kebanggaan Ceko, Martin Prokop. Pacuan Ford Fiesta RS-nya terbakar di SS3 dengan posisi menghalangi jalan.

Proses evakuasi mobil ini membuat lomba di SS tersebut ditunda dan akhirnya dibatalkan panitia. Waktu untuk kelompok PWRC diberikan masing-masing 13 menit 06,6 detik sampai urutan keenam. Artinya, meski tak masuk SS3, mereka dapatkan catatan waktu resmi.

Sebenarnya Protop sudah terkendala rem sejak SS1, namun tetap memaksakan mobil melaju dalam batas maksimal. Rem yang sudah terlalu panas itu akhirnya memercikkan api yang langsung membesar. Untung ia dan navigatornya selamat.

Leave a comment

Filed under balap mobil, lifestyle, news

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s