Ari Wibisono : Gigih Mendidik Rider Muda Yamaha

 

‘Kalian harus menjadi pelacur yang baik !’ itu ungkapan yang selalu diucapkan Ari Wibisono, Manager Motorsport Yamaha saat itu ketika memotivasi pebalap Yamaha di berbagai balapan. Pelacur di sini adalah profesionalisme pebalapnya terkait hubungannya dengan sponsor. ‘Kalau naik podium harus pake wearpack lengkap, nggak boleh pakai kaos apalagi sandal jepit !Tunjukan kalau kamu itu bisa juara dan memberikan apresiasi dengan memakai racing suit yang penuh dengan sponsor kalian. Dengan begitu, sponsor akan senang dan juga akan dilirik sponsor lainnya.’

Kegigihannya membina pebalap muda Yamaha patut diacungi jempol.”Saya mau mendidik kalian secara berkesinambungan tidak instant! Semuanya harus melalui proses, baik teknik, fisik hingga pengetahuan lainnya yang harus dikuasai pebalap,” ujarnya ketika memberikan wejangan kepada para pebalap muda Yamaha di acara Yamaha Riding Academy tahun lalu. Pelatihan yang digelar tiga kali tahun lalu tersebut selalu didatanginya dengan menunda tugas Motorsport lainnya karena dedikasinya untuk membina rider-rider muda Yamaha. Sebelum mulai  dan sesudah pelatihan, dia selalu memberikan wejangan untuk memotivasi mereka agar selalu disiplin dan mempraktekan apa yang telah diberikan para instruktur.

Kini, kariernya dibelokan ke bagian Service, divisi yang pernah membesarkan dirinya sebelum di Motorsport. Situs resmi Motorsport Yamaha Indonesia http://www.yamaharacingindonesia.co.id secara khusus mengulas profil Ari Wibisono.

Jika berbagai cerita tentang perjalanan dan prestasi Divisi Motorsport Yamaha Indonesia selama kurun waktu lima tahun terakhir ini diibaratkan sebagai sebuah film, maka tokoh satu ini layak disebut sebagai sutradaranya. Tak perlu mempertanyakan siapa yang tidak mengenalnya, karena pelaku roadraceprofesional di Indonesia sudah tentu mengenali laki-laki bersuara besar bak geledek ini. Dia adalah Ari Wibisono, atau dikenal sebagai Ari Bledeq (bledek dalam bahasa Jawa berarti geledek/petir), manajer Divisi Motorsport Yamaha Indonesia, yang sekaligus menjadi otak kesuksesan Yamaha Indonesia di ajang balap motor.

Akan tetapi, bagaimanapun suksesnya Ari Wibisono di Divisi Motorsport, Yamaha tetaplah brand yang menaruh perhatian besar terhadap perkembangan dan regenerasi dalam tubuh korporasinya. Dan sekarang sudah tiba saatnya Ari Wibisono mendapatkan tantangan baru di divisi lain, sudah saatnya melakukan rotasi. Ini hal biasa dalam sebuah perusahaan, dan memang sebenarnya tidak perlu dibesar-besarkan. Justru hal ini menjadi besar dengan sendirinya, karena sosok Ari Wibisono telah mengukir prestasi yang membesarkan nama Yamaha di dunia balap Indonesia, dan menularkan spirit kemenangan lewat slogannya, KITA BISA.

Ia dekat tidak hanya dengan pelaku balap Yamaha saja, namun juga dengan media. Sebab itu, tidak heran jika penggantiannya dengan sendiri menjadi buah bibir. Jawara Yamaha Cup Race tahun lalu, Sigit PD, berkomentar bahwa Ari Wibisono adalah orang yang selalu terlihat sangat bersemangat saat memberi dukungan kepada pebalap, sehingga membuat pebalap menjadi lebih bersemangat lagi. Sementara itu di berbagai media maupun jaringan sosial, kabar beredar, dan berbagai pihak silih berganti menyatakan rasa kehilangannya.

Pergantian ini sendiri berlaku mulai tanggal 1 September 2012 nanti, di mana Ari Wibisono akan bertukar tempat dengan Supriyanto dari Divisi Technical Service bagian Indonesia Timur. Oleh karena itu, sebelum rotasi ini resmi berlaku, mari kita simak interview khusus dengan Ari wibisono menyangkut kepindahannya dari Divisi Yamaha Motorsport.

Bagaimana rasanya harus meninggalkan Divisi Motorsport Yamaha Indonesia yang sudah bertahun-tahun Bapak asuh?

Yang pasti kaget, soalnya kami sudah hampir lima tahunan, kami datang dari nol sampai mendapat hasil seperti sekarang. Dan rotasi itu biasa karena saya sudah terbisa rotasi. Jadi mulai dari pegang After Sales (service) dari Palembang, Pontianak, Jakarta, serta DDS III (Jawa Tengah, Madiun, Kediri) lalu ke Motorsport.

Bagaimana kesan Pak Ari selama bekerja untuk divisi Motorsport?

Saya datang ke Motorsport waktu itu dengan semboyan ingin memberikan yang terbaik buat semuanya, dan terbukti. Di Motorsport kami cukup banyak suka dukanya karena racing itu kejam, di mana kita harus prepare dengan bagus, rapatkan barisan untuk membendung lawan. Kadang kita harus menangis, tertawa bersama untuk meraih tujuan yang sama, yaitu kemenangan. Dan Motorsport merupakan kerja team karena itu saya selalu melakukan pendekatan dari hati ke hati makanya saya sampai membuat slogan KITA BISA, di mana terbukti sangat efektif.

Apa saja pencapaian Pak Ari selama di Divisi Motorsport? Apakah ada cita-cita atau rencana yang belum terwujud di Yamaha Motorsport, jika ada, apa?

Alhamdulillah, hasil selama saya pegang Motorsport menjuarai Indoprix dari tahun 2008-2011 dan mudah2an 2012 masih bisa juara. Serta 80% juara all region Motoprix, Yamaha Asean Cup 2010-2011, dan bisa melakukan pembibitan yang terus menerus, di mana sekarang banyak pembalap pemula yang naik ke seeded dan bisa menjadi juara.

Yang belum bisa terwujud saya kepingin membawa pemuda-pemuda merah putih bercokol di kejuaraan tertinggi khususnya kendaraan roda dua, dalam hal ini semua mulai dari team, mekanik, rider semua orang indonesia.

Di luar tugas, apakah Bapak akan tetap mengikuti perkembangan balap Yamaha, dan bertandang ke berbagai kejuaraan balap seperti kemarin-kemarin?

Ya, pasti saya akan selalu ikuti perkembangan dunia Motorsport terutama di Indonesia, serta sesekali boleh dong nongol di balapan. Kangen, hahaha…

Adakah pesan/amanat  dari Pak Ari untuk teman-teman di divisi Motorsport, tim, dan para pebalap?

Untuk teman-teman di Motorsport kami pesan jaga kekompakan, kejujuran, serta terus berusaha meraih yang terbaik. Dan untuk tim yamaha riders serta pelaku balap, tetap fokus, kompak, dan jangan cepat puas, karena persaingan semakin ketat di masa mendatang. Belajar terus, pantang putus asa dan harus ingat bahwa Yang di Atas kasih problem, tentunya akan kasih solusi.

Pada kesempatan yang baik ini saya secara pribadi mohon maaf kepada kawan,saudara,sahabat maupun lawan atas segala kesalahan atau perbuatan saya baik yang disengaja, tidak disengaja.

Akhir kata Perjuangan tidak selalu berakhir dengan kemenangan tapi kita harus akhiri dengan rasa syukur kepada Yang di Atas, amin. Maju terus balap indonesia, salam KITA BISA.

 

 

 

 

Leave a comment

Filed under balap motor, event bikers, news

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s