Classic Choice : H-D KH 1956 : King of Harley

Jakarta, 28 Agustus 2012 -Inilah motor yang banyak disebut dengan King of Harley. Pemicunya, selain menjadi cikal bakal dari tipe Sportster mulai tahun 1957, KH juga menjadi legendaries karena sangat digemari dan menjadi tunggangan favorit mendiang Elvis Presley, Si Raja Rock ‘N Roll. Kapasitas produksinya yang terbilang sedikit membuat motor ini sudah masuk dalam jajaran collector item.

Model K pertama dilansir tahun 1952 menggantikan model WL. Kapasitas mesinnya  750 cc, side-valve tapi mengadopsi unit konstruksi gear di kaki   dan  kopling tangan dari HD versi racing, KR. Karena itulah gearbox transmisinya halus dan mampu menuai daya output lebih kencang mengejar top speed.

Yang menjadi ciri khas dari KH adalah format mesin Flathead-nya. Silinder head dan boringnya mirip HD WL sedangkan bagian bawahnya milik Sporster. Nah perpaduan itulah yang membuat KH banyak diincar orang selain power lebih yang dikandungnya.

Struktur boring yang pendek mengindikasikan KH mempunyai kelebihan dalam performa, namun tentu saja mempercepat suhu mesin lebih panas. Inisial H merupakan kependekan dari High Compression atau High Performance tentang tenaga yang dikeluarkannya. Itu masih ditunjang durasi camshaft lebih tinggi ketimbang tipe Sportster XL hingga cepat menggapai setiap putaran rpm.

Selanjutnya di bagian bodi dan frame, model KH juga bisa dibilang menjadi salah satu tipe modern dari HD dengan mengaplikasi fork depan teleskopik dan suspensi belakang model swing arm. Aksen chrome yang menutup fork atas, juga menunjukan satu reaksi dari HD yang ingin menunjukan perpaduan antara karakter classic dengan gaya modern.

Hal ini merupakan strategi Amerika untuk menahan invasi motor-motor buatan Inggris yang mulai masuk pasar Amerika dengan style lebih sporty. Di samping itu, mereka pun ikut memperhatikan perangkat pengendalian gaya motor Inggris dengan meletakan tuas gear transmisi di sebelah kanan dan rem di sisi kiri. Barulah menginjak tahun 1954, kapasitas mesinnya di up-grade menjadi 900 cc yang untuk selanjutnya diteruskan oleh model XL atau Sportster.

Nah, bagi classic bike mania, KH bisa menjadi pertimbangan Anda untuk memilikinya meski sekadar untuk menghiasi garasi. Nilai histories tentu lebih mengental pada karakternya, di samping menyimpan daya tuai tenaga lebih. Karena itulah, kisaran harganya agak susah ditebak karena sudah menjadi bagian dari para pemburu barang berkelas.

Data & Fakta

HD KH 1956

Mesin

Tipe Flathead, V-twin

Diameter x langkah 69 mm x 114 mm

Kapasitas 900 cc

Kelistrikan 6 volt

Transmisi 4-speed

Fork depan Teleskopik

Suspensi belakang Swing arm

Rem depan/belakang Tromol

 

 

 

Leave a comment

Filed under bikes, lifestyle, news

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s