Intermot 2012 : Invasi Jepang ke Eropa

Jerman, 4 Oktober 2012 – Pameran sepeda motor terbesar Intremot di Cologne Jerman menjadi ajang unjuk kekuatan pabrikan sepeda motor menyongsong tahun 2013. Pabrikan motor Jepang menggempur pasar Eropa , sementara produsen Italia menyimpan kekuatan untuk EICMA di Milan, November mendatang.

Aprilia

Max Biaggi ikut meramaikan booth Aprilia dimana mereka meluncurkan update dari RSV4 Factory dengan fitur paket elektronik impresif APRC dengan mesin V4 1000 cc serta rem anti-lock dan tangki lebih besar.

BMW

Varian paling popular, R1200GS, tampil menjadi andalan BMW dengan berbagai revisi untuk memanjakan para petualang bermotor di dunia. R1200GS telah terjual 170.000 unit sejak dilansir 2004.  Mesin baru 1170 cc dengan pendinginan presisi yang diambil dari teknologi di balap F1, membuat mesinnya memiliki tingkat penyerapan panas yang tinggi.

Ducati

Ducati nampaknya menyimpan kekuatan di Intermot, karena setelah itu akan unjuk gigi di kandangnya sendiri, EICMA Milan, November mendatang. Mereka hanya memajang versi 20th Anniversary Monster dalam rangka memperingati M900 pertama kali diluncurkan 1992. Untuk 2013, Ducati menawarkan model anniversary Monster 696,796 dan 1100 EVO dengan warna perunggu seperti halnya warna asli M900.

Honda

Honda membawa retro style ke Eropa untuk musim depan dengan menghadirkan CB1100 yang sebelumnyua hanya dijual di Jepang dan Australia. CB1100 terpengaruh besar oleh motor legendaries Honda, CB750 1969 yang membawa kedigdayaan Honda dengan konfigurasi mesin segaris empat silinder

Rally CRF450, inilah kuda pacu Honda untuk kembali turun gurun ke Dakkar Rally setelah absen dari dua decade. CRF450 berbasis Honda CRF450X yang merupakan model balap endure Honda dengan fitur injeksi, tangki bahan bakar tambahan, perangkat navigasi berupa Road Book.

Kawasaki

Kawasaki memajang lineup varian Z baru mereka di kelas menengah, Z800. Motor itu akan menggantikan model Z750 di Eropa. Z800 juga merupakan model anniversary 40 th Kawasaki Z1. Mesinnya 806 cc empat silinder dengan power output 111 hp @ 10,200 rpm

Suzuki

Suzuki memperkenalkan scooter Burgman 650 yang telah direvisi dari styling maupun teknologi mesinnya yang lebih efisien. Meskipun memiliki powerplant yang sama dengan pertama debutnya tahun 2002, Suzuki mengklaim Burgman 650 2013 lebih irit 15% dari model sebelumnya karena teknologi system transmisi yang halus serta meminimalisir gesekan.

Suzuki juga menampilkan V-Strom 1000 Concept yang mengacu desain DR750S 1988, pertama kali mereka meluncurkan mesin dual purpose dengan beragam perubahan. Selain itu, Suzuki juga mengetengahkan cruiser terbarunya Intruder C1500T yang hadir dengan windscreen lebih lebar, footboard dan saddlebag ABS plastic. Mesinnya V-twin 54 derajat 1462 cc yang dikatakan Suzuki sebagai mesin powerfull di kelas Cruiser 1000 – 1600 cc.

Triumph

Street Triple 2013 telah mendapat sentuhan fitur baru dari frame aluminium beam twin-spar dan two-piece die-cast untuk subframe belakang. Triumph menyebutkan, frame baru ini lebih gesit dan mempunyai handling yang optimal ketimbang model sebelumnya dan membantu mereduksi total berat sampai 26 kg.

Yamaha

Selain mengumumkan update dari FJR1300A 2013, Yamaha juga memajang naked roadster mereka FZ8 di kelas menengah yang telah diperbaharui. Improvement yang dilakukan Yamaha antara lain revisi programming EFI lebih smooth, throttle response lebih galak, serta suspense depan adjustable.

Yamaha juga tengah mengembangkan mesin baru tiga silinder menggunakan crossplane crankshaft warisan dari YZR-M1 Moto GP dan YZF-R1 sportbike. Yamaha mengatakan mesin baru ini akan memegang peranan penting untuk masa depan.

Zero

Produsen motor berbahan electric, Zero Motorcycles membuat kejutan di Intermot 2012. Seperti voltase tinggi untuk sumber tenaga Z-Force, peningkatan tenaga rata-rata 99% untuk semua lineup, charging system lebih cepat sampai 95% di bawah satu jam dari kapasitas baterai dengan menggunakan stasiun pengisian CHADeMO, integrasi dengan iPhone dan Android memakai Bluetooth, frame baru, bodywork baru untuk Zero S dan Zero DS.

 

 

 

Leave a comment

Filed under bikes, event bikers, news

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s