Hafizh Syahrin : Tarian Little Fish yang Mengguncang Dunia

Sepang, 22 Oktober 2012 – Turun sebagai wild card di Moto 2, Hafizh Syahrin membuka mata dunia dengan aksinya yang fenomenal di wet race Moto 2 Sepang, Minggu (21/10).

Sempat memimpin di FP2, Hafizh Syahrin Abdullah (18 tahun) akhirnya harus menempati grid 27 di balapan Moto2 Sepang. Race Day, hujan pun mengguyur Sepang dan memaksa kelas Moto 2 tertunda 30 menit. Tersengat dengan prestasi  Zulfahmi Khairuddin yang podium kedua di kelas Moto3, Hafizh pun merangsek sejak start. Di lintasan basah, Hafizh menari-nari seperti ikan. Hasilnya?mengejutkan semua rider, penonton Sepang dan jutaan pemirsa televisi di dunia.

Di lap pertama, Hafizh sudah menyodok di posisi 14 dan menguntit barisan tengah hingga akhirnya bisa berbaur dengan grup yang diisi rider terkemuka, seperti Iannone dan Marc Marquez. Lap 8, saat hujan kembali turun, Hafizh benar-benar tampil kesetanan hingga bisa bergerombol dan memimpin selama tiga lap penuh!

Grup terdepan yang diisi Anthony West, Alex De Angelis dan Gino Rea dibuat tak berdaya oleh tarian  ‘Sang Pescao’ Hafizh yang kali ini mengenakan nomor start 86. Nama Syahrin begitu sering diucapkan oleh komentator Moto2 tentu karena aksinya yang spektakuler. Hafizh malah sempat mencetak fastest lap 2:23.707 saat memimpin balapan.  “Hafizh gemar kalau hujan,” begitu komentar Sang Ayah Hafizh melalui pesan blackberry messenger.

Sayang, aksinya mulai mengendur di lap 13 akibat ban yang mulai tergerus karena aksinya yang penuh tekanan. Hafizh pun bermain aman mempertahankan posisi keempat. Sampai akhirnya, lap 17 race direction memutuskan untuk menghentikan lomba karena badai kembali menerjang. Angelis berhasil menjadi yang terdepan, diikuti West dan Rea.

Dan itulah posisi terbaik sepanjang sejarah rider wild card di Moto2. Hafizh mengemas 13 poin  bahkan melampui pencapaian rider Thailand, Ratthapark Wilairot yang baru baru mengantongi delapan poin selama mengikuti Moto2 tahun ini.

“ Saya mencoba push sejak awal dan step by step  untuk mencapai grup depan pada saat setengah track mulai kering. Sayang, saat hujan turun, ban belakang saya sudah habis dan rider utama bisa melewati saya.  Overall, saya sangat senang dengan prestasi hari ini dan terima kasih untuk tim dan sponsor yang telah mendukung saya selama ini,” ujar Hafizh seperti dilansir The Star.

Hafizh bukan kali ini saja menciptakan sensasi. Rider Petronas Raceline tersebut mengawali karier balap sejak usia 13 tahun. Dia masih memegang rekor sebagai juara termuda di Cub Prix (balap underbone Malaysia) kelas Novice tahun 2009 dan Seeded kelas CP 130 pada tahun 2010.Di kancah Supersport, rider yang sempat mengikuti IRS Sentul ini juga tahun lalu membuat kejutan sejak podium di Jepang dan Qatar membuatnya berada di posisi keempat standing Superpsort 600 ARRC.

Talenta besar yang dimiliki Hafizh ditangkap Barry Leong, pemilik Raceline untuk mengikatnya dan mendorongnya ke jenjang balap yang lebih tinggi. Bertanding di kejuaraan Australia hingga akhirnya Barry memasukan Hafizh ke Campeonato Espanol de Velocidad atau CEV Buckler National Motorcycle Championship di Spanyol. Ini juga tidak lepas dari campur tangan Petronas Motorsport melalui Rider Development Program.

Debutnya di Sirkuit Jerez, 1 April lalu sungguh mengagumkan dengan merebut posisi 5, dilanjutkan di Navarra circuit, 22 April berikutnya, Hafizh langsung menyabet Rookie of the serie, dengan meraih hasil kelima kembali. Sayang, pencapaianya dianulir karena spesifikasi motornya menyalahi regulasi.

Melihat hasil tersebut, pantas kiranya Malaysia berharap banyak kepada Hafizh untuk mencetak prestasi hingga level dunia.” Saya di sini tidak hanya berlumba, namun juga belajar banyak di kompetisi Spanyol yang telah terbukti bisa menghasilkan pembalap-pembalap hebat seperti Pedrosa dan Lorenzo. Saya sangat gembira bisa merasakan atmosfer balap di Spanyol,” ujarnya.

Kini Hafizh bertengger di posisi keenam sementara. Dan jalan menuju pentas dunia yang lebih besar menantinya, tentu dengan pencapaian kemarin yang membuat orang terkagum-kagum.

Indonesia kapan?

Leave a comment

Filed under balap motor, event bikers

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s