#SekepalAspal13 : Lahirnya Embrio Custom Scene Ibukota

Sekepal-Aspal-Indonesia-2013_6Sudah rindunya rasanya saya melihat kumpulan motor custom di Jakarta dari segala kiblat modifikasi. Terakahir saya ingat tahun 2006, Jakarta Custombike Contest di acara Jakarta Bike Week di area SCBD yang melombakan kontes motor besar dan motor kecil. Ya, rasanya sejak 2007 ke sini, perkembangan dunia custom di Indonesia semakin beranjak cepat. Dulu, parkir motor CB100 jarang bersebelahan dengan Harley gres, kini CB Custom sudah berani unjuk gigi dengan polesan, style serta segala rekayasanya dan bisa sejajar Harley tentunya di parkiran event. Bagus..

Saat saya didaulat menjadi pengisi acara dalam bentuk Motoart Exhibition oleh Wira dari Saint & Sinners Motor Clothes untuk acar Sekepal Aspal Indonesia, saya sempat bingung, apa yang mesti saya pajang?. Mulailah mengguar koleksi foto lawas. Dan ketemulah, jepretan motor WL custom dengan frame full stang piston karya Sonny Ekek Bandung, lalu acara Indonesian Big Bike Competition Jak TV,Classic Bike Race BBMC, dan beberapa frame karya editan saya di Instagram.

Dan, Sekepal Aspal Indonesia #SekepalAspal13, digelarlah di Kopitiam Tan SCBD, Minggu, 24 Februari kemarin. Oiya, sebelumnya Wira mendeskripsikan konsep acara Sekepal Aspal Indonesia itu, intinya, ajang kumpul penggemar custom bike di Indonesia dengan segala desain dan basic motornya, kemudian ada custom show, motoart exhibition, music dan karya seni lainnya. Dan tentunya, ini terbuka untuk segala jenis motor. Idenya muncul dari Rizky Mandra dan Wirabhakti dari Saint Sinners Motor Clothes dipadukan dengan konsep dari Lawless Jakarta, yang memiliki passion di industri ini serta Potret Mahakarya.

Builder-builder kawakan seperti Kickass Choppers, Stonehead Choppers, Flying Piston Garage, Retrogrades dan yang baru Koloni, ikut mendisplay beberapa motor karyanya di area dalam Kopitiam. Ya suasana kawasannya emang nyaman dan lejat untuk dijadikan venue acara motor. Beberapa panel telah dipenuhi berbagai karya baik foto maupun lukisan dan karya lainnya, seperti pinstripe.

Rombongan CB custom, Lambretta orisinal, choppy Cub, dan para bagger Harley pun berdatangan dan parkir sejajar. Bagi para pemain lama, seperti Veroland Kickass Choppers, acara ini menjadi nostalgia dengan rekan-rekannya yang lama tidak bersua.”Lihat bor, Mandra tuh yang bikin. Dulu siapa kenal dia sih? Sekarang bisa bikin event ngumpulin motor segini banyaknya. Keren deh! Kita tinggal nikmati aja pokoknya sekarang,” riang Vero, menunjuk Mandra yang mengorganisasi acara.

Koneksi dengan fan base Lawless Jakarta yang bermain di segmen kreatif membuat kolaborasi mereka begitu kuat menghadirkan para builder dari berbagai kutub. Tidak hanya komunitas custom, namun juga klub-klub motor lainnya semacam Bikers Brotherhood MC, Blind Eagle MC, Black Angels MC, HHOG Jakarta Chapter, Piston Pirates MC, Choppers baztard, Road Eagle MC dan juga yang lain. Perpaduan antara music blues, rock, akustik turut membawa atmosfer Sekepal Aspal Menjadi event yang unik termasuk ajang ekspresi karya mereka serta eksistensi ‘colors’ nya masing-masing.

“Kita terbentur dengan lokasi, maunya kita punya lahan luas, jadi di parkiran pun bisa jadi ajang swapmeet bursa jual beli spare part. Pokoknya ini acara kumpul-kumpul yang saling menguntungkan lah. Ke depannya kita akan benahi lagi detail acaranya, termasuk waktu riding dan konsep hiburannya,” ujar Wira. Selain Sekepal Aspal Indonesia, di Bandung pun sudah hadir Two Wheels Garage Cruisin dengan konsep acara serupa, selain di Jogja yang memiliki Kustomfest.

Dengan adanya event-event tersebut, tinggal bagaimana mengoneksikannya dengan tetap mempertahankan ciri khas konsep masing-masing acara agar bisa berkembang lebih besar baik secara kualitas maupun kuantitas untuk saling bahu-membahu mendukungnya. Ini akan membuka khasanah keragaman custom di Indonesia sehingga bisa muncul Indonesian Custom Culture yang bisa diakui dunia dan menjadi industri yang mendukung ekonomi nasional.

Well, bagaimanapun Sekepal Aspal Indonesia telah menjadi embrio bagus di kalangan penggemar custom bike di Jakarta khususnya, sebagai media yang menyatukan mereka dalam suasana penuh keakraban. Bravo Sekepal Aspal Indonesia!

Sekepal-Aspal-Indonesia-2013 Sekepal-Aspal-Indonesia-2013_1 Sekepal-Aspal-Indonesia-2013_2 Sekepal-Aspal-Indonesia-2013_3 Sekepal-Aspal-Indonesia-2013_4 Sekepal-Aspal-Indonesia-2013_7 Sekepal-Aspal-Indonesia-2013_8 Sekepal-Aspal-Indonesia-2013_9 Sekepal-Aspal-Indonesia-2013_5

Leave a comment

Filed under event bikers

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s