Royal Enfield 1996 Custom : Otak harus tepat sebelum tangan bergerak – Hazan Motorworks

Max_Hazan_Motorworks_Royal_Enfield_Bullet_Moto-Mucci (15)

Tidak banyak tahu Max Hazan dari Hazan Motorworks, namun dari Royal Enfield 1996 garapannyaa, membuat mata terbelalak.  Dia bermain dengan detail yang sekarang menjadi tumpuan utama setiap builder agar karyanya memikat publik. Inovatif saja tidak cukup, butuh sentuhan detail yang membuat sebuah karya laksana hidup dengan berbagai inspirasi berbalut material berkualitas dan berbeda dengan yang lain. Berikut,kutipan wawancara moto-mucci dengan Hazan.

T. Bisa dijelaskan latar belakang Anda sampai di dunia kustom ?

J.Saya menyukai sepedamotor, dan selalu berpikir untuk menggambar, merancang dan mewarnainya. Saya memulai dunia custom ini saat mengalami insiden patah kaki karena  motocross yang membawa tubuh saya tidak berdaya 3 bulan di sofa. Saya hanya bisa menatap sepeda beach cruiser di ruang tamu, sampai muncul ide untuk memasukan mesin 350 cc ke dalam sepeda itu. Namun, saya merasa ngeri dengan ban sepeda saat dipacu kecepatan 90 km, akhirnya saya mencoba menerapkannya di motor.

T. Apa yang menjadi inspirasi dari keseluruhan desain ini?

J. Adik saya pergi ke India sekitar 5 tahun silam dan dia menyewa motor Royal Elnfield selama 2 minggu. Saya menyukai bentuknya dan berpikir untuk membuat desain sebuah kapal,…mmm saya pikir bisa menuangkannya melalui rancangan jok.

T. Seperti apa prosesnya?

J. Saya selalu mencoba hal yang baru dan berbeda dengan yang ada. Saya menemukan banyak orang yang tertarik dengan sesuatu dan dikerjakan sesuai dengan kemampuannya. Saya mencoba keluar dari zona nyaman dalam setiap proses custom-nya. Itu akan membuat frustasi untuk langkah pertama, setiap saat.

 T. Dari mana biasanya inspirasi muncul?

J. Dari apa saja dan segala hal. Mungkin saja dari mainan ank-anak, tumbuhan, atau binatang. Apapun bisa memacu ide  tinggal bagaimana cara melihatnya dan membuka pikiran saya.

T.Berapa lama untuk membangun motor ini?

J.Di tengah-tengah saat saya membangun motor ini, terpaksa harus pindah workshop. Jadilah beberapa jam kerja saya terbuang. Tetapi keseluruhan saya menghabiskan waktu 2 bulan.

T. Kenapa Anda memilih Elnfield sebagai basisnya?

J. Mesinnya! Mesinnya hasil modifikasi Chumma dari Ace Fireball Engineering dengan hanya meningkatkan power 35cc dari standard.

T.Apa yang Anda banggakan dari kreasi ini?

J. Details!. Ini adalah kreasi saya pertama di mana saya membuat semuanya dari nol. Semua tuas, linkage, kabel dan masing-masing parts saya bangun untuk bisa dinikmati.

T. Skill apa lagi yang Anda butuhkan untuk proyek selanjutnya?

Saya akan terus belajar dan mengembangkan skill sesuai dengan bidangnya. Saya beruntung memiliki kemampuan ini dan harus cepat belajar lagi. Bagi saya menekuni bidang ini dan menjadi kreatif adalah nilai yang sangat berharga untuk menciptakan karya –karya indah. Otak harus tepat sebelum tangan bergerak.

Max_Hazan_Motorworks_Royal_Enfield_Bullet_Moto-Mucci (2) Max_Hazan_Motorworks_Royal_Enfield_Bullet_Moto-Mucci (3) Max_Hazan_Motorworks_Royal_Enfield_Bullet_Moto-Mucci (4) Max_Hazan_Motorworks_Royal_Enfield_Bullet_Moto-Mucci (7) Max_Hazan_Motorworks_Royal_Enfield_Bullet_Moto-Mucci (9) Max_Hazan_Motorworks_Royal_Enfield_Bullet_Moto-Mucci (10) Max_Hazan_Motorworks_Royal_Enfield_Bullet_Moto-Mucci (11) Max_Hazan_Motorworks_Royal_Enfield_Bullet_Moto-Mucci (12) Max_Hazan_Motorworks_Royal_Enfield_Bullet_Moto-Mucci (13) Max_Hazan_Motorworks_Royal_Enfield_Bullet_Moto-Mucci (14) Max_Hazan_Motorworks_Royal_Enfield_Bullet_Moto-Mucci (15) Max_Hazan_Motorworks_Royal_Enfield_Bullet_Moto-Mucci (16)

Leave a comment

Filed under bikes, lifestyle, news

Leave a Reply

